Wordpress Tips

Post Thumbnail Tidak Muncul di Timeline Facebook

thumbnailPost thumbnail tidak muncul mungkin ada yang pernah mengalami ataupun belum, tetapi mungkin saja suatu saat hal ini akan terjadi pada anda. Nah ini pulalah yang yang saya alami, masalah ini cukup lama, saya sendiri pun tidak menyadari, hingga atasan saya sendiri yang bilang . Aneh  kenapa post thumbnail  website yang menggunakan wordpress tidak muncul sedangkan posting yang ada di blogspot thumbnailnya muncul.

Saya  mencoba test domain web yang menggunakan wordpress juga, tapi herannya akun server lain yang kebetulan semua domainnya menggunakan wordpress tidak mengalami hal yang serupa, asumsi pertama saya apakah ada settingan yang berbeda dari kedua server, walaupun saya masih menggunakan provider hosting yang sama, saya juga tanyakan hal ini dengan support online customer, mereka bilang tidak ada yang berbeda, semua modul memiliki settingan yang sama, malah mereka bilang mungkin ada beberapa function code pada template yang tidak sesuai, kemudian asumsi kedua apakah mungkin hal ini yang menjadi penyebabnya,   setelah tidak mendapatkan jawaban tepat, saya mencoba mencopy data yang sama ke server yang tidak bermasalah dengan post thumbnail, dan ternyata berhasil, berarti bukan template yang menjadi permasalahannya. Hingga akhirnya saya memutuskan untuk  mencari solusi dengan google, isu tersebut cukup banyak dibahas, dan dari semua sumber yang di dapat mereka menyarankan untuk menambahkan meta tag og alias open graph, baik di file function.php pada template ataupun menginstall plugin. Hal tersebut saya lakukan tetapi hasilnya nihil, saya juga kembali mengontak support hosting saya, saya berikan komparasi dan mereka memberikan jawaban, ternyata karena saya menggunakan shared hosting yang servernya berada di Indonesia dan dibatasi bandwidth internationalnya, berbeda dengan akun lain yang dihosting di USA, selain itu developer untuk facebook aps nya sendiri lebih banyak di server USA, dan akhirnya mereka menyarankan untuk memindahkan akun saya ke server USA. Kurang lebih seperti itulah, walaupun masih bertanya-tanya apakah hal tersebut mempengaruhi, apakah semua server yang berada di Indonesia mengalami hal yang sama, ya mungkin beda Provider berbeda pula settingannya. Jika hal ini terjadi pada mungkin salah satu cara yang saya sebutkan bisa membantu, ya setidaknya itu yang dapat saya bagikan keteman-teman semua, semoga postingan saya kali ini bermaanfaat :D.

2 thoughts on “Post Thumbnail Tidak Muncul di Timeline Facebook

    • Terima Kasih atas kunjungannya.. Baru denger saya mas heheh :D.. kebanyakan sih masalah thumbnail yang dibahas,, mungkin kalau saya ketemu jawabannya akan saya share.. :D

Leave a Reply

