Wordpress Tips

Mengubah Url WordPress Administrator Dengan Mudah

wp-adminMengubah url wordpress administrator atau halaman untuk login menuju dasboard wordpres adalah salah satu cara proteksi yang mungkin cukup membantu , walaupun tentunya masih banyak cara bagi para hacker untuk membobol sistem keamanan dari CMS itu sendiri. Url default wordpress (domainanda/wp-admin) secara umum sudah banyak diketahui, jika kita tidak mengubahnya celah tersebut dapat digunakan hacker untuk mengotak-atik website yang kita bangun. Untungnya dari pengalaman saya masih belum ada yang sangat merepotkan. Tetapi paling tidak mengubah url dapat meminimalisir resiko tersebut.  Kedengarannya cukup rumit memang ,  apalagi buat kita yang tidak begitu memahami sistem CMS tersebut tapi anda tidak perlu khawatir karena masih ada plugin yang  digunakan untuk mengubah url administrator wordpress kita, yaitu lockdown wp admin.

Plugin ini saya gunakan setelah berbagai macam gangguan yang saya alami akhir-akhir ini, sehingga saya mau tidak mau meminta bantuan dari IT Support tempat saya menghosting web saya, nah mereka menyarankan untuk meningkatkan keamanan dari website kita sendiri salah satunya dengan memakai plugin tersebut untuk mengubaj url  administrator, agar tidak mudah ditebak dan diakses oleh siapa saja, penggunaannya juga tidaks ulit . Cukup instalasi seperti biasa, dan kita tentukan alamat url yang diingikann setelah nama domain  anda tentu. Opsi pengaturan juga tidak terlalu banyak, hanya ada autentifikasi dan beberapa pengaturan lainnya. Untuk lebih jelasnya silahkan download plugin lockdown wp-admin, cara instalasi, dan screen shoot penggunaan plugin ini juga tersedia. Kurang lebih seperti itu tips yang saya bisa bagikan kepada semua pengguna wordpress, mungkin masih banyak lagi cara yang lebih up to date yang lebih baik, yang mungkin akan saya tuliskan kembali di artikel selanjutnya.

Selamat mencoba.

Leave a Reply

