Wordpress Tips

Custom Template Untuk Kategori di WordPress

Sebenarnya ini masalah yang baru-baru ini saya selesaikan, maklum permintaan klien untuk buat tambahan halaman majalah untuk web  yang konsepnya seperti detik, hal pertama yang ada dipikiran saya Oh Tuhan pasti ini akan memakan waktu yang lama , jujur saja saya bukan seorang yang cukup jago untuk pemrograman php, walaupun pekerjaan saya saat ini sebagai web admin tapi saya hanya tidak terlalu memahami pemrograman secara penuh, saya lebih banyak  browsing untuk solving setiap masalah , untungnya website yang saya urus memakai wordpress, sehingga tidak begitu untuk  menemukan solusi dari masalah yang saya hadapi .

Nah, setelah sekian waktu mencari konsep saya menemukan website dengan konsep kurang lebih bisa saya adaptasi, walaupun tidak sepenuhnya se-advance yang ada di detik. Akhirnya saya memutuskan untuk buat konsep kategori template, jadi setiap kategori  bisa menggunakan template  yang berbeda-beda, what a great idea.

Untuk membuat custom template pada wordpress saya sudah paham, jadi hal pertama yang saya lakukan membuat halaman template, tutorialnya anda bisa lihat di link berikut.

Kendala selanjutnya adalah apakah ada plugin yang menyediakan konsep seperti yang saya inginkan? Dan akhirnya saya temukan jawabannya😀.. nama pluginnya adalah custom category template

Cara menggunakannya cukup mudah kok… tentunya anda sudah memahami cara instalasinya  bukan? Jadi saya tidak perlu menjelaskan secara detail. Tidak ada settingan khusus untuk bisa menggunakan plugin ini,   dibawah ini beberapa gambar dan sedikit penjelasan dari penggunaanya

kategori

pilih kategori yang anda ingin ubah template layoutnya

kategori-template

Pilih nama layout template yang sudah anda buat

cukup mudah bukan ? dengan cara ini anda bisa mengubah layout posting anda tanpa harus pusing untuk merombaknya, dan tentunya layout posting per kategori di website anda bisa bervariasai. Sekian info dari saya semoga bermanfaat😀

Leave a Reply

